27 Mei 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

OPINI: Hentikan Kejahatan Terhadap Muslim Rohingya!


OPINI: Hentikan Kejahatan Terhadap Muslim Rohingya!

OPINI Oleh: Rusmiatun

Dunia kembali menyaksikan pembantaian terhadap muslim Rohingya di Myanmar. Pembantaian mengerikan terhadap muslim in benar-benar tidak bisa diterima akal sehat dan hati nurani manusia. Pada pembantaian yang terjadi Selasa (15/11/2016) lalu itu, setidaknya 130 orang tewas, dan 30.000 lainnya terpaksa mengungsi akibat ratusan rumah mereka dibakar.

Kelompok Human Rights Watch (HRW) mengidentifikasi, ada sekira 430 bangunan yang hancur. Pemerintah di duga berusaha untuk menutupi kasus pembunuhan tersebut, dengan membatasi akses media dan bantuan sejumlah kelompok dari daerah lain.

Para muslim Rohingya pun kemudian mencoba kabur melalui Sungai Naaf, yang merupakan perbatasan Myanmar dan Bangladesh. Namun lagi-lagi mereka ditembaki oleh militer.

Sementara Bangladesh tidak bersedia menampung muslim Rohingya dengan alasan tidak mampu. Sehingga banyak pengungsi yang dipulangkan begitu tiba di Bangladesh. Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina, menyatakan negaranya tidak ingin ikut campur soal nasib pengungsi Rohingya, sebab kekerasan yang menimpa etnis minoritas itu bagi dia, merupakan urusan pemerintah Myanmar.

Berbagai upaya sengaja untuk merampas hak atas tanah, penolakan kewarganegaraan, pembantaian massa, pengusiran, pembakaran, pelarangan pelaksanaan ibadah, penutupan jalur pasokan makanan, dan sejumlah tindakan brutal lainnya adalah sangat bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan dan Hak Asasi Manusia (HAM).



Reporter : -    Editor : Shanika Adella



Comments

comments


Komentar: 0