20 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Abaikan Lahan Plasma, Gubernur Akan Tindak Perusahaan Sawit


Abaikan Lahan Plasma, Gubernur Akan Tindak Perusahaan Sawit
Gubernur Kaltim Awang Faroek dalam kunjungan kerjanya dalam Silaturahmi bersama Perusahaan Sawit Besar di Kecamatan Kaliorang, Kamis (1/12/2016). (KLIKSANGATTA/SUKRI)

KLIKPENAJAM.COM - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak meminta Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar tidak segan bersikap tegas terhadap perusahaan sawit yang lalai menyediakan lahan plasma.

“Jadi Pak Ismu (sapaan Bupati Ismunandar), setiap kali bertemu dengan perusahaan perkebunan sawit tanyakan; plasmamu berapa. Kalau (lahan) plasmanya bertambah beri dia penghargaan, tapi kalau belum ada ketokin kepalanya,” ujar Awang disambut gelak tawa hadiri dalam acara temu Perusahan Sawit Besar di areal Guest House PT. Indonesian Plantation Synergi (IPS), Kecamatan Kaliorang, Kutim, awal Desember lalu.

Dalam kesempatan yang juga dihadiri sejumlah perwakilan perusahan sawit itu, Awang meminta Pemkab Kutim rutin dan jeli melihat program pemberdayaan ekonomi masyarakat di kawasan ijin perkebunan sawit yang berada di wilayahnya.

Dalam paparan Plt Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Udjang Rachmad, tercatat sekitar 21,78 persen lahan plasma dari total luasan lahan sebanyak 139 perusahaan perkebunan sawit yang ada di Kutim.

Demi meningkatkan kesejahtraan masyarakat di sekitar perusahaan, Awang meminta Bupati Kutim Ismunandar untuk melakukan kontrol dan turun ke lapangan, memantau kesejateraan masyarakat yang berada disekitar perusahaan.

“Kontrol keliling, turun ke lapangan, semua perusahan diwajibkan. Tolak ukurnya tidak ada lagi masyarakat penerima beras miskin di sekitar perusahannya, “ ungkap Awang.

Dengan kontrol ketat dari pemerintah selaku regulator, diharapkan perusahaan akan lebih memperhatikan masyarakat dari segi kesejateraan masyarakat yang berada di lingkungan perusahaan. (*)

Reporter : Sukriadi    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0