27 Mei 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

OPINI: Berantas Hoax, Berantas Pemikiran Merusak Masyarakat


OPINI: Berantas Hoax, Berantas Pemikiran Merusak Masyarakat
Penulis - Winda Sari

OPINI Oleh: Winda Sari

Pemerintah tengah gencar melawan berita serta informasi yang tak jelas kebenarannya, yang biasa disebut Hoax. Bahkan efektivitas dan fungsi Humas dan pengelola informasi mulai dari kementerian dan lembaga pun dinilai perlu ditingkatkan, guna menangkal adanya hoax, yang sangat cepat tersebar di dunia maya.

Melalui Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, berencana membentuk Badan Cyber Nasional (BCN) guna memberantas kejahatan di dunia maya. Kebijakan tersebut dianggap tepat dalam memberantas isu liar yang sangat diragukan kebenarannya.

Upaya ini menurut Heru Sutadi, salah satu pengamat multimedia, pemerintah harus memisahkan peran BCN dengan pemberantasan isu hoax. Dimana Basinas cukup fokus terhadap revolusi digital, sebagai perlindungan ekonomi digital, terutama transaksi keuangan.

"Saya pikir harus dipisahkan antara isu hoax dan peran BCN (Badan Cyber Nasional). Terlalu kecil jika masalah hoax. BCN harus bisa menyukseskan revolusi ekonomi digital, seperti perlindungan terhadap e-commerce, e-government, serta inklusi keuangan digital," kata Heru saat berbicang dengan detikcom, Kamis (5/1/2017) malam.

"Janganlah BCN disuruh mematai-matai apa yang menjadi percakapan di dunia maya, atau bahkan memasuki informasi pengguna internet," lanjutnya.

Heru mengatakan sebaiknya pemerintah mengefektifkan peran elemen kementerian dan lembaga untuk menangkal kejahatan dunia maya. Dengan demikian, menurutnya, pemerintah bisa memegang kendali opini masyarakat terkait dengan pemberitaan di internet.

Begitupun Pemerintah dan media besar tengah semangat berkampanye gerakan anti hoax, sampai banyak kepala daerah juga ikut action.



Reporter : -     Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0