20 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Skandal Tambang Emas di Kaltim Jadi Inspirasi Film Hollywood


Skandal Tambang Emas di Kaltim Jadi Inspirasi Film Hollywood
Potongan adegan film Gold

KLIKPENAJAM.COM - Jika Anda merelakan sedikit waktu untuk menonton film, maka "Gold" sangat disarankan. Selain karena berkaitan dengan Indonesia, film tersebut mengungkap skandal penipuan tambang emas Bre-X, yang terjadi pada pertengahan 1990-an di Kalimantan Timur (Kaltim).

Ya, kisah emas Bre-X di Busang, Kaltim menjadi sumber inspirasi film drama thriller berjudul "Gold". Film ini disutradarai Stephen Gaghan, peraih Best Adapted Screenplay dari film "Traffic" (2000) dan "Syriana" (2005).

Meski shooting tak dilakukan di Indonesia, namun film tersebut mengungkapkan perjalanan kasus Bre-X di Kaltim.

Alur kasusnya begini: Sebuah perusahaan tambang asal Kanada mengumumkan bahwa mereka menemukan 6.200 ton emas di Busang, Kaltim. Saham Bre-X pun melambung tinggi.

Tetapi, faktanya, penemuan emas itu merupakan kepalsuan belaka. Secara massif, temuan tersebut merugikan banyak pihak. Berdasarkan hasil penelitian, tidak ada emas seperti yang diungkapkan oleh Bre-X.

Nah, dalam film "Gold", kisahnya setali tiga uang. Dalam film berdurasi 120 menit itu menceritakan Kenny Walsh (Matthew McConaughey), seorang pebisnis tambang, bekerja sama dengan ahli geologi bernama Michael Acosta (Edgar Ramirez) untuk mencari tambang di pedalaman Indonesia.

Mereka melakukan perjalanan mencari emas. Itu bukanlah perkara mudah bagi mereka. Petualangan di hutan belantara harus mereka lalui.

Keduanya tak menyerah. Mereka pun menemukan titik-titik penggalian emas berkualitas bagus. Lantas, penemuan itu membuat harga saham perusahaan Kenny, yakni Washoe Mining Corporation, melonjak drastis.

Tawaran bisnis dan kerja sama semakin banyak datang, bahkan dari pesaingnya. Bisnis miliaran dolar AS tersebut juga menjadi sorotan media. (*)

 

Reporter : Maggie Aksan    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0