20 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Jelang Ramadhan, Harga Bawang di PPU Alami Lonjakan


Jelang Ramadhan, Harga Bawang di PPU Alami Lonjakan

KLIKPENAJAM.COM - Jelang masuknya Ramadhan 1438 H, harga sejumlah bahan pokok di Penajam Paser Utara (PPU) mulai alami kenaikan. Seperti halnya bawang disejumlah pasar tradisional, yang mulai melonjak dalam sepekan terakhir.

Untuk harga bawang putih dari Rp30.000 - Rp35.000 per kilogram, melonjak drastis hingga Rp55.000 per kilogram. Sementara bawang merah dari Rp33.000 per kilogram, naik menjadi Rp35.000,- per kilogram.

Menurut para pedagang, kenaikan harga yang cukup signifikan dikarenakan kurangnya pasokan bawang dalam beberapa waktu terakhir. Sehingga berimbas pada nilai jual dan ketersediaan di pasaran.

"Biasanya bawang putih biasanya cuma Rp30.000,- dan bawang merah Rp33.000 per kilogram," ujar Idris, salah satu pedagang pasar Petung, seperti dikutip dari Antara.

Sementara Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Rusli, membenarkan adanya kenaikan harga bawang dalam beberapa waktu terakhir, sebagai imbas dari penurunan suplai barang yang masuk ke PPU.

Terlebih, sekitar 40 persen kebutuhan bawang merah dan putih di PPU, dipasok dari Jawa Timur.

"Kami belum bisa pastikan kapan harga bawang stabil," ucapnya.

Menurutnya, kenaikan harga yang cukup signifikan dikarenakan kurangnya pasokan bawang dalam beberapa waktu terakhir. Sehingga berimbas pada nilai jual dan ketersediaan di pasaran.(*)

Reporter : Edwin Irawan | Antara    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0