20 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Ikuti Program Generasi Berencana, PIK Remaja PPU Raih Sejumlah Penghargaan


Ikuti Program Generasi Berencana, PIK Remaja PPU Raih Sejumlah Penghargaan
Perwakilan PIK Remaja PPU (Humas)

KLIKPENAJAM.COM - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), kirim 8 peserta Jambore dan Ajang Kreatifitas Remaja Tingkat Provinsi Kalimantan Timur. Dihelat tanggal 19 -21 Mei 2017 di Balikpapan.

Menurut Kepala Seksi Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Sejahtera Marlina, Program Generasi Berencana (Genre) dilaksanakan melalui pengembangan Pusat Informasi dan Konseling Remaja/ Mahasiswa (PIK Remaja/ Mahasiswa) dengan pendekatan dari, oleh, dan untuk remaja/ mahasiswa.

Arah dari kegiatan ini untuk membesarkan, membina remaja/ mahasiswa yang memiliki simbolisasi semangat gairah, inisiatif, kepeloporan, keberanian, mandiri, idealism, teguh terhadap janji dan semua sikap serta perilaku yang melekat pada usia muda.

"Maka dari itu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengembangkan kegiatan yang mendukung simbolisasi secara berjenjang, baik dalam PIK itu sendiri, tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional,” terang Marlina.

Sementara tujuan diikutinya kegiatan ini kata dia, salah satunya guna mengembangkan kreatifitas remaja/ mahasiswa dalam rangka mewujudkan Generasi Emas untuk kemajuan Bangsa Indonesia. Mengembangkan rasa kebersamaan diantara remaja, terutama tiap provinsi melalui dinamika tukar informasi dalam mengembangkan program Genre.

"Selain juga dalam upaya meningkatkan pengetahuan. Dimana sikap dan keterampilan remaja dalam pengembangan diri, pergaulan, dan keluarga serta masyarakat, mengandung potensi positif sebagai remaja dan mampu mengaktualisasi diri," tambahnya.

Salah satu kegiatan yang diikuti PIK Remaja Kabupaten PPU adalah lomba Talkshow Genre, Genre Go Talent (Vokal Grup, Paduan Suara, Puisi, Teater/ Drama), Night Genre in Hawai, Out Bound.

Pada kegiatan tersebut, PIK Remaja PPU berhasil raih kategori Juara Favorit.

Tim PPU terdiri dari PIK Remaja Al-Iklas MTS Nipah-nipah 4 orang, PIK Remaja SMUN 08 ada 2 orang, dan PIK Remaja MAN Babulu 2 orang”, terang Marlina.

Diharapnya, keikutsertaan PPU pada kegiatan ini dapat menumbuhkan remaja yang dengan pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan, meningkatnya pengetahuan dan perilaku remaja, terutama dalam penyiapan dan perencanaan kehidupan berkeluarga.

"Tak kalah penting, remaja mampu memegang teguh janji dan semua perilaku yang melekat pada usia muda secara positif," pungkasnya. (Humas05)

Reporter : Humas Pemkab PPU    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0