14 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Sinergi Pembangunan Antar Daerah, PPU Jalin Kerjasama dengan Kutai Barat


Sinergi Pembangunan Antar Daerah, PPU Jalin Kerjasama dengan Kutai Barat
Bupati Yusran Aspar saat penandatanganan MoU bersama Bupati Kubar FX Yapan (Humas)

KLIKPENAJAM.COM - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) jalin kerjasama percepatan pembangunan daerah bersama Kabupaten Kutai Barat (Kubar), melalui penandatanganan dokumen kesepakatan bersama (MoU) oleh Bupati PPU Yusran Aspar, dengan Bupati Kubar FX Yapan. Rabu 24 Mei 2017.

Perjanjian kerjasama dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pembangunan perekonomian, dan kualitas kesejahteraan masyarakat di kedua daerah. Dengan objek dan ruang lingkup pada bidang insfrastruktur, ekonomi, kebudayaan dan pariwisata, hingga pemasalahan tata batas wilayah antar daerah.

Selain itu, kerjasama dilaksanakan dalam menciptakan keterpaduan pembangunan antar daerah, serta mewujudkan efisiensi, efektivitas dan sinergitas pembangunan pelayanan serta pemanfaatan sumberdaya yang dimiliki untuk kepentingan masyarakat.

"Kerjasama antar daerah itu sangat penting. Karena kalau tidak, maka daerah akan lambat berkembang. Salah satunya, kerjasama insfrastruktur jalan lintas Kaltim sebagai penunjang pembangunan lainnya," ujar Bupati Yusran Aspar dalam sambutannya.

Menurut Yusran, sejak awal kepemimpinan ia sempat menggagas pembangunan jalan trans Kaltim dari Kelurahan Sotek PPU menuju Bongan yang menjadi jalan pendekat menuju Kutai Barat. Namun dikarenakan pembangunan tersebut menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Kaltim, sehingga kebijakan daerah sangat terbatas untuk melanjutkan realisasinya.

"Terlebih pembangunan infrastruktur jalan merupakan salah satu sarana penting menunjang sektor pembangunan daerah. Bayangkan jika kondisi jalan PPU-Kubar hanya cukup ditempuh dengan waktu tiga jam perjalanan darat, dari saat ini kita menghabiskan waktu berjam-jam," tambahnya.

Namun perjuangan tersebut kata dia, tentunya tidak berhenti sampai disitu. Jika dirinya kelak dipercaya oleh masyarakat untuk memimpin Kaltim, pastilah pembangunan insfrastruktur jalan ini akan menjadi program prioritas yang harus tercapai.

“Pembangunan inilah cita-cita mulia kami yang hingga saat ini belum dapat diwujudkan di Kaltim, " tandasnya.

Selain itu, melalui kerja sama ini kata Yusran, diharapkan akan memberikan kemajuan-kemajuan bagi kedua daerah, baik PPU maupun Kubar.

“Semoga kerja sama ini dapat terlaksana dengan baik sesuai apa yang kita harapkan. Sehingga pada akhirnya akan memberikan nilai positif tentunya kemajuan bagi kedua daerah,” harap Yusran Aspar.

Sementara itu Bupati Kubar FX Yapan sangat menyambut baik kesepakatan kerja sama tersebut. Terutama terkait kerjasama infrastruktur dan pengembangan pembangunan antar dua daerah yang tertuang dalam komitmen.

"Kubar banyak memiliki kekayaan alam yang potensial, tujuan wisata menarik, begitu juga yang dimiliki PPU. Jika kondisi insfrastruktur jalan menunjang, pastilah dapat saling mengunjungi tanpa harus mengeluarkan biaya besar, “ kata Yapan. (*)

Reporter : Humas Pemkab PPU    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0