23 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kesadaran Masyarakat Laporkan Kematian Terus Meningkat


Kesadaran Masyarakat Laporkan Kematian Terus Meningkat
Kepala Disdukcapil PPU Suyanto

KLIKPENAJAM.COM - Tingkat kematian penduduk di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terbilang cukup tinggi. terhitung sejak periode Januari hingga Maret 2017, terdata kematian penduduk mencapai 350 orang.

Hal tersebut berdasarkan laporan masuk ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) PPU, selama periode tersebut. Terlebih saat ini kesadaran penduduk melaporkan kematian mulai meningkat, sehingga data kematian penduduk bisa terus terpantau.

"Kesadaran masyarakat untuk melaporkan setiap kematian di Kabupaten Penajam Paser Utara semakin membaik. Kita pun bisa terus memantau tingkat kematian ini berdasarkan laporan tersebut" ungkap Kepala Disdukcapil Penajam Paser utara Suyanto.

Menurutnya, laporan kematian sangat penting sebagai pembaruan data penduduk dan pembuatan akta kematian. Sebab berhubungan erat dengan status hukum seseorang, baik hukum privat (hukum sipil) maupun publik (hukum negara).

Suyanto menjelaskan akta kematian bagi ahli waris, diantaranya untuk mengurus penetapan ahli waris, pensiun, klaim asuransi, serta persyaratan perkawinan bagi duda atau janda.

"Saya sangat mengapresiasi kesadaran masyarakat untuk membuat akta kelahiran dan akta kematian saat ini semakin membaik," tandasnya.

Akta kematian itu kata Suyanto, juga berfungsi sebagai pencocokan data calon pemilih dalam pemilihan kepala daerah, pemilihan legislatif dan pemilihan presiden.

"Itulah kenapa pentingnya pencocokan data kependudukan penting untuk dilakukan," pungkasnya. (*)




Comments

comments


Komentar: 0