20 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Dinas PU : RTRW PPU Perlu Pembenahan


Dinas PU : RTRW PPU Perlu Pembenahan
Kasi Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten PPU, Hadi.(Foto : Humas)

KLIKPENAJAM -Kepala Seksi (Kasi) Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten PPU, Hadi, mengungkapkan, status Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang masuk dalam Perda nomor 3 tahun 2014, tentang tata ruang dan Zona-zona. Secara pengembangan wilayahnya sudah mencakup pola dan struktur ruang di Kabupaten PPU.

Namun seiring perkembangannya, Perda ini terang Hadi masih membutuhkan pembenahan, agar RTRW PPU dapat benar-benar berjalan dinamis. Utamanya dalam pengoptimalan zonasi yang telah terbagi.

"Untuk proses perdanya saja cukup lama. Selain itu, RTRW perlu berjalan dinamis karena PPU kedepan semakin berkembang dan banyak investor yang akan masuk," ungkapnya.

Diakuinya, Wilayah pertambangan yang tetap berada diluar dari zona pola ruang RTRW Kabupaten, karena tidak dicantumkan dalam Perda dan memiliki aturan sendiri, boleh berada diwilayah permukiman. Namun tetap berdasarkan prosedur yang yang mengacu pada aturan. yakni jarak titik tambang ke pemukian minimal harus 500 meter.

"Dulu sempat dimasukkan di pola ruang, namun sekarang tidak diperbolehkan lagi. Tapi di PPU, pertambangan yang ada sudah cukup sesuai prosedur. Walau masih ada beberapa yang masih masuk pemukiman, dan harusnya ada identifikasi untuk verifikasi ulang izin," tambahnya.

Mengingat potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dihasilkan dari pengelaolaan RTRW cukup besar, Pemerintah akan selalu menyambut investor yang datang ke PPU. Namun tetap harus mengikuti prosedur yang berlaku.

"jangan sampai investor tersebut membuka usaha yang tidak sesuai dengan wilayah RTRW," pungkasnya.(*)

Reporter : Andrianto    Editor : Gumelar Akbar



Comments

comments


Komentar: 0