20 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Jokowi Resmikan Pabrik Kaltim 5 Di Bontang


Jokowi Resmikan Pabrik Kaltim 5 Di Bontang
Presiden RI Joko Widodo Resmikan Pabrik 5 PT Pupuk Kaltim di Bontang

KLIKPENAJAMPresiden Joko Widodo baru saja resmikan pabrik Kaltim V PT Pupuk Kaltim di kompleks Kantor Pusat dan Produksi PKT Jalan James Simandjuntak Nomor 1, Kota Bontang, Kalimantan Timur, Kamis, 19 November 2015 hari ini.

Keberadaan pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 8,4 hektare ini, dianggap sangat penting untuk meningkatkan swasembada pangan nasional.

"Saya menyambut baik proyek pembangunan Pabrik Kaltim 5 dan Pabrik Asam Fosfat di Gresik. Mempunyai manfaat dalam ketahanan pangan," kata Joko Widodo.

Menurut Jokowi, ke depannya kebutuhan pupuk akan meningkat dan keberadaan pabrik Pupuk Kaltim V diharapkan mampu memenuhi ketahanan pangan di Indonesia.

"Dunia ke depan pangan sangat strategis sekali, oleh sebab itu strategi negara, selain untuk penuhi ketahanan pangan sendiri kita juga bisa ekspor ke luar. Makanya harus didukung suplai pupuk yang cukup," kata Presiden.

Jokowi juga berharap BUMN terus melakukan investasi untuk mendirong ketahanan dan swasembada pangan tersebut.

"Kalau memang untuk investasi dari internal perusahaan tak punya kekuatan, saya kira tak masalah untuk join dengan perusahaan baik dalam negeri atau pun dari luar. Saya berikan keleluasaan untuk bisa kerjasama tapi harus ada kalkulasinya," katanya.

Kebutuhan pupuk pada tahun lalu sebesar 6,7 juta ton dan diperkirakan akan terus meningkat karena penambahan luas pertanian, khususnya wilayah Indonesia tengah dan timur sehingga perlu tambahan pasokan pupuk yang cukup.

Dirut PT Pupuk Indonesia Arifin Tasrief mengatakan Pabrik 5 PT Pupuk Kaltim merupakan realisasi pertama dari program revitalisasi industri pupuk seperti tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2010.

Melalui Inpres tersebut merupakan upaya pebghematan bahan baku dan energi serta penggunaan teknologi terbaru dan ramah lingkungan. Pabrik ini dibangun di lahan seluas 8,4 hektare dengan kapasitas sebesar 825 ribu ton amoniak per tahun dan 1,155 juta ton urea per tahun dengan investasi 576 juta dolar AS.

Dijadwalkan setelah peresmian pabrik Kaltim V, Jokowi akan langsung bertolak ke Kabupaten PPU guna groundbreaking rel kereta Kaltim. (*)

Reporter : KlikBontang    Editor : Gumelar Akbar



Comments

comments


Komentar: 0