23 Februari 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Tantangan dan Solusi Pengelolaan Karst Sangkulirang Mangkalihat


Tantangan dan Solusi Pengelolaan Karst Sangkulirang Mangkalihat
Kawasan Karts Kutai Timur

KLIKPENAJAM.COM - Karst Sangkulirang Mangkalihat terletak di Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Timur. Luas kawasan karst di Kalimantan Timur mencapai 3.642.860 ha (terbesar di Pulau Kalimantan).

Luasan terbesar berupa hamparan karst yang terletak di Kabupaten Berau dan Kabupaten Kutai Timur dengan luasan mencapai 2.145.301 ha atau sekitar 59% dari luasan karst di Kalimantan Timur.

Mengapa dikatakan karst karena kawasan tersebut memiliki karakteristik relief dan drainase yang khas, terutama disebabkan oleh derajat pelarutan batuan-batuannya yang intensif (Ford dan Wiliams,1989).

Seperti halnya kawasan karst, lokasi dari Sangkulirang Mangkalihat ini dikelilingi oleh dinding-dinding terjal, gua bawah tanah dengan ukiran alam eksotis, serta perbukitan hijau yang terlihat menawan. Keindahaan kawasan karst yang berukuran raksasa ini membenteng dari Kabupaten Kutai Timur hingga ke Kabupaten Berau.

Lalu, apa saja pontensi kawasan Karst Sangkulirang Mangkalihat? Menurut hasil penelitian Karst Sangkulirang Mangkalihat menjadi titik awal kemunculan manusia purba yang ada di Indonesia.

Hal tersebut terbukti dengan ditemukannya jejak manusia purba rumpun Austronesia yang berupa lukisan tangan, gambar perahu, dan lukisan berbagai jenis binatang yang tergambar jelas pada dinding-dinding gua dan konon telah ada sekitar 10.000 tahun SM. Disini juga ditemukan tulang, wadah yang terbuat dari tanah liat, serta alat-alat yang terbuat dari batu.

Karst identik dengan sungai bawah tanah, dan di Sangkulirang Mangkalihat hulu dari 5 sungai utama di Berau dan Kutai Timur, yatu sungai Tabalar, Lesan, Pesab, Bengalon, dan Karangan. Fungsi 5 sungai itu sendiri merupakan salah satu sumber air bagi kehidupan bagi masyarakat setempat.

Potensi alamnya yaitu hutan kayu dan non kayu, batuan mineral, potensi wisata alam, serta sarang burung walet yang cukup menjanjikan yang memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat setempat. Keanekaragaman hayati yang ditawarkan kawasan karst ini juga sangat kaya karena tempat ini dihuni oleh hewan endemik seperti orangutandan beberapa fauna endemik lainnya.

Beragamnya flora seperti jamur mata sapi, anggrek hitam, anggrek kuping gajah, kantong semar, cemara gunung yang memiliki akar seperti pohon bakau, dan beragam jenis lumut. Banyak penduduk setempat menggantungkan hidupnya di kawasan Sangkulirang Mangkalihat.

Apa saja permasalahan yang terjadi di kawasan Karst Sangkulirang Mangkalihat? Kalimantan merupakan kota industri pertambangan yang mana masyarakat lebih memilih untuk melakukan penambangan sebab lebih menguntungkan dari aspek ekonomi; dibandingkan melakukan usaha yang memperhatikan aspek ekologi suatu kawasan, seperti ekowisata.



Reporter : OPINI    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0