19 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Pendidikan Indonesia Mau Dibawa Kemana?


Pendidikan Indonesia Mau Dibawa Kemana?
Ilustrasi

Oleh : Fika Asma 

Pendidikan merupakan hal terpenting untuk meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) di  Indonesia. Dan, setiap tanggal 2 Mei kita juga memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), seperti peringatan tahun 2016 dengan tema “nyalakan pelita, terangkan cita”.  Tentu saja, harapan dari peringatan Hardiknas ini untuk menumbuhkan rasa patriotsime dan tercapainya apa yang menjadi harapan bangsa.

Pendidikan adalah harapan untuk membangun generasi yang berkualitas, dan juga untuk memajukan Negara. Sebab, negara yang maju di pengaruhi dari anak bangsanya yang cerdas. Hal itu sesuai dengan ungkapan Presiden RI Joko Widodo, “pendidikan tidak hanya membuat manusia sekedar cerdas dan pintar saja, akan tetapi juga memanusiakan manusia”.

Tentu saja, harapan Jokowi agar anak bangsa tidak hanya sekedar cerdas dan pintar dalam akademis. Namun turut memiliki budi pekerti yang baik. Begitu banyak harapan kita terhadap pendidikan untuk membangun generasi bangsa dan memajukan negara Indonesia ini.

Akan tetapi jika kita lihat fakta dari pendidikan di Indonesia saat ini, sepertinya belum sesuai dengan harapan. Banyak hal yang mempengaruhi, contoh saja setiap pergantian kabinet kebijakan pendidikan pun berubah. Sehingga kebijakan yang satu belum tuntas tapi harus di ganti dengan kebijakan baru.

Sedangkan untuk menjalankan suatu kebijakan tidak mudah. Semua butuh adaptasi dan proses. Ini bisa berakibat fatal bagi pendidikan Indonesia, karena tidak fokusnya kebijakan pendidikan yang ada di Indonesia.

Meskipun kita faham kebijakan yang dibuat bertujuan untuk mencerdaskan bangsa. Hanya saja, yang menjadi pertanyaan apakah kebijakan tersebut sudah tepat dan apakah sudah dilaksanakan secara maksimal?



Reporter : -    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0