20 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Ingin Beli Portable Drive yang Cocok Untuk Anda? Simak Tips Berikut


Ingin Beli Portable Drive yang Cocok Untuk Anda? Simak Tips Berikut
Portable Drive

KLIKPENAJAM.COM - Bagi anda yang hendak membeli Portable Drive, atau yang awam disebut Harddisk Eksternal, sebagai tambahan media penyimpanan data, jangan terlalu cepat memutuskan jika hanya melihat dari sisi tampilan dan kapasitas semata.

Ada beberapa hal yang patut anda perhatikan dan pertimbangkan sebelum membeli dan menentukan sebuak merek oprtable drive yang anda inginkan. Agar dapat bekerja maksimal dan super cepat dalam transfer data.

Berikut beberapa hal yang bisa anda perhatikan sebelum membeli portable drive berikut ini.

1. Pastikan portable drive Anda cukup 'cepat'

Portable drive memiliki dua tipe, yakni solid-state atau SSD, serta non-SSD yang merupakan versi biasa. Pekerjaan berat seperti mengedit video dengan resolusi besar bisa dilakukan langsung di SSD, karena kecepatannya sangat mumpuni. Namun jika kecepatan bukan jadi perhatian Anda, dan Anda butuh sekedar jumlah penyimpanan, non-SSD adalah pilihan yang tepat karena lebih murah.

Selain itu USB drive paling cepat adalah USB 3.1 yang dua kali lebih cepat ketimbang USB 3.0. Opsi lebih murah adalah menggunakan USB 2.0 namun konsekuensinya adalah lebih lelet 10 kali lipat ketimbang USB 3.0.

2. Pastikan kapasitas penyimpanannya pas untuk Anda

Penyimpanan yang lebih besar tentu lebih baik. Namun untuk apa membayar lebih bagi drive yang tidak Anda gunakan? Jadi pertimbangkan berapa media penyimpanan yang cukup bagi Anda.

Kini sudah ada opsi portable drive dengan kapasitas 4TB. Namun sadarilah ika angka itu sangatlah besar. Jika Anda secara professional bekerja di bidang video editing atau fotografi, Anda tentu butuh. Namun jika tidak, 1TB sudah cukup besar.

3. Persiapkan masa depan

Soal masa depan, tentu kita bicara soal koneksi USB-A port yang akan segera bergeser ke USB-C port. Anda akan butuh kabel dengan koneksi USB-C agar bisa kompatibel dengan laptop masa kini ataupun masa depan. TErdapat juga kabel konektor USB-C ke USB-A jika PC atau laptop Anda masih menggunakan USB-A port.

Namun hal ini tak berlaku sebaliknya. Beberapa laptop generasi baru seperti Macbook keluaran terbaru, hanya memiliki USB-C port. Untuk saat ini kabel untuk menghubungkan USB-A ke USB-C masih belum ada. Jadi jika Anda bekerja dengan laptop generasi baru, tentu Anda harus memiliki portable drive dengan koneksi USB-C.(Techno.id)

Reporter : Fanny Arya    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0