20 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, RSUD PPU Luncurkan Aplikasi Rekam Medik


Tingkatkan Kualitas Pelayanan, RSUD PPU Luncurkan Aplikasi Rekam Medik
Direktur RSUD PPU Grace Mangkisurat

KLIKPENAJAM.COM - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) lakukan terobosan dengan meluncurkan Aplikasi Rekam Medik, sebagai pengembangan dari Sistem Informasi Rumah Sakit (SIMRS) yang telah berjalan.

Sebagai aplikasi yang dikembangkan langsung oleh RSUD, dimaksudkan sebagai pelaporan Rekam Medik kepada Dinas Kesehatan Kabupaten PPU, Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, hingga ke Kementrian Kesehatan agar lebih mudah dan tepat waktu.

Diungkapkan Direktur RSUD PPU Grace Mangkisurat, Aplikasi Pencarian Rekam medik ini dikembangkan untuk mengatasi masalah keterlambatan pelayanan terhadap pasien, karena proses dokumen rekam medik di unit pelayanan selama ini dilakukan secara manual.

Hal ini kemudian berdampak pada pelayanan pasien di RSUD, sehingga akhirnya tercetus ide aplikasi ini melalui Kepala Bidang Perencanaan, yang membawahi seksi SIM & RM.

"Akhirnya kami mengembangkan aplikasi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut, dan kini mulai diterapkan untuk memperbaiki kualitas pelayanan." ungkapnya.

Menurutnya, SIMRS merupakan sistem informasi terintegrasi yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen Rumah Sakit, mulai dari pendaftaran, pelayanan diagnose dan tindakan untuk pasien. Termasuk medical record apotek/catatan medis apotek, gudang farmasi, penagihan, data base personalia, penggajian karyawan, proses akuntansi hingga pengendalian manajemen yang berbasis komputer. Agar seluruh unit pelayanan RSUD PPU terhubung secara online.

Aplikasi ini pun telah diuji coba langsung Bupati Yusran Aspar beberapa waktu lalu.

Dalam arahannya kala itu, Bupati meminta agar SIMRS dikembangkan sesuai kemajuan teknologi dan perkembangan zaman, serta kebutuhan. Melalui aplikasi ini diharap dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan RSUD Kabupaten Penajam Paser Utara kepada masyarakat. (*)




Comments

comments


Komentar: 0