19 Juni 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Perjelas Aturan Pengangkatan Perangkat Desa, DPRD Segera Konsultasi ke Kemendagri


Perjelas Aturan Pengangkatan Perangkat Desa, DPRD Segera Konsultasi ke Kemendagri
Ketua Komisi I DPRD PPU Fadliansyah

KLIKPENAJAM.COM - Dalam upaya memastikan teknis pelaksanaan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 67 Tahun 2017, tentang pengangkatan perangkat desa, DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berencana untuk segera melakukan konsultasi ke Kemendagri dalam waktu dekat.

Hal tersebut menurut Ketua Komisi I Fadliansyah, dinilai sangat krusial karena beberapa desa kini tengah melaksanakan penjaringan perangkat desa, pasca selesainya masa tugas.

Selain itu, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) pun diharapnya dapat segera melakukan langkah nyata, dalam pelaksanaan aturan Permendagri tersebut. Agar proses penjaringan perangkat desa dapat disesuaikan dengan regulasi baru, yang merupakan perubahan atas Permendagri Nomor 83 Tahun 2015 tentang perangkat desa, sehingga tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

Sebab dalam Permendagri yang baru, ada beberapa perubahan yang dilakukan. Diantaranya pasal 12 yang awalnya menyebutkan perangkat desa yang diangkat melaksanakan tugas sampai habis masa tugasnya berdasarkan surat keputusan pengangkatan.

"Sementara dalam aturan baru berubah menjadi dua ayat. Dimana ayat satu menyatakan perangkat desa yang diangkat melaksanakan tugas sampai habis masa tugasnya berdasarkan surat keputusan pengangkatan. Serta perangkat desa yang dimaksud pada ayat 1 diangkat secara periodesasi, yang telah habis masa tugasnya dan berusia kurang dari 60 tahun diangkat kembali sampai dengan usia 60 tahun," terangnya.

Poin tersebut menurut Fadliansyah menimbulkan kerancuan, sebab bisa diartikan bagi perangkat desa yang belum berumur 60 tahun dapat diangkat kembali tanpa ada penjaringan.

"Ini yang perlu diperjelas, mengingat saat ini beberapa desa dengan melakukan penjaringan perangkat desa," tambahnya.(*)

Reporter : Rahmad Fadli     Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0