14 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Pupuk Kaltim Salurkan Bantuan ke Sejumlah Veteran di Bontang


Pupuk Kaltim Salurkan Bantuan ke Sejumlah Veteran di Bontang
Direktur SDM dan Umum Pupuk Kaltim Meizar Effendi memeluk erat Ahmad Soleh, veteran yang dikunjungi manajemen PKT di kediamannya langsung RT 27 Kelurahan Tanjung Laut, Bontang, Kamis, 9 November 2017. (FOTO: HUMAS PKT)

KLIKPENAJAM.COM - Kami datang disambut dengan senyum, guratan kulit di wajah menunjukkan usianya tak lagi muda. Meski demikian, Dia masih bercerita dengan terbata, mencoba mengingat masa mudanya tentang semangat membara dan kegigihan bersama teman-teman seperjuangannya mengikuti perang melawan penjajah di tanah Mamuju dan Tana Toraja, Sulawesi Selatan kala itu. Selepasnya dari Sulawesi Selatan, Dia pindah ke Bontang pada 1950. Kota Bontang, Kalimantan Timur dalam ingatannya, masih berupa hutan. Di Bontang, Dia berjuang melawan PKI.

Dia adalah Ahmad Soleh, salah satu pejuang veteran bangsa ini yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Kalimantan Timur, satu-satunya pejuang veteran di Kota Bontang yang masih hidup. Ahmad Soleh mengingat usianya sekira 95 tahun, perawakannya kurus karena dimakan usia senja. Istrinya Mardiana, usia 65 tahun masih terlihat segar, namun raut mukanya menunjukkan dengan jelas bagaimana perjuangan suami istri tersebut hidup dengan segala keterbatasan ekonomi.

Ahmad Soleh tinggal bersama Mardiana, tinggal di rumah panggung dari kayu yang dindingnya terbuat dari seng, dengan alas seadanya di RT 27 Kelurahan Tanjung Laut, Bontang. “Alhamdulillah, rumah kami baru saja direnovasi”, ujar Mardiana sambil tersenyum tipis.

Rumah kayunya hanya terpisah sekat, bagian pertama merupakan ruang tamu yang dipergunakan juga sebagai kamar tidur. Sedangkan ruang di belakangnya digunakan sebagai dapur. Bahkan jika hujan mengguyur, suami istri itu harus rela basah kuyup karena atap bocor dan dinding tampias. Kehidupan mereka jauh dari kata layak.

Ahmad Soleh tentu tak pernah menduga, pada Kamis (9/11/2017) rombongan yang dipimpin langsung Direktur SDM dan Umum Pupuk Kaltim Meizar Effendi mengunjungi rumah panggungnya. Kami membawa bingkisan, berupa uang tunai dan paket sembako. Bingkisan tersebut diserahkan langsung oleh Meizar Effendi kepada Ahmad Soleh.

Ahmad Soleh tak mampu menahan haru, dia menyampaikan rasa terima kasihnya karena telah membantu meringankan beban keluarganya seraya mendoakan keberlangsungan operasional Pupuk Kaltim. Perasaan senang juga turut diutarakan Mardiana, bantuan ini akan digunakan sebaik mungkin. “Terima kasih Pupuk Kaltim,” kata Ahmad Soleh dan Mardiana kompak sambil mengantar kepulangan Kami di tengah derasnya hujan yang mengguyur Kota Bontang.

Masalah kesejahteraan, pejuang veteran memang selalu menjadi isu menarik hingga saat ini. Tak banyak yang tahu nasib para pejuang veteran. Sewaktu di medan tugas mereka berjuang untuk negara, namun di hari tua mereka tetap berjuang gigih untuk kesejahteraan hidup mereka dan keluarganya, bahkan tak sedikit dari mereka yang berjuang mati-matian hanya untuk menyambung hidup.

Tak hanya memberikan bantuan kepada Ahmad Soleh, Pupuk Kaltim juga memberikan uang tunai dan paket sembako kepada sebelas keluarga pejuang veteran yang tersebar di Kota Bontang dalam bantuan Pupuk Kaltim Peduli Veteran. Hal ini juga sebagai wujud terima kasih Pupuk Kaltim terhadap para pejuang.

“Kita sudah sepatutnya menghargai jasa para pahlawan. Melalui momen peringatan Hari Pahlawan, Pupuk Kaltim turut membantu kehidupan para pejuang veteran di hari tuanya”, ujar Meizar Effendi. (ris/adv)




Comments

comments


Komentar: 0