20 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Miliki Kesamaan Potensi, Pemkab PPU Studi ke KEK Mandalika


Miliki Kesamaan Potensi, Pemkab PPU Studi ke KEK Mandalika
Rombongan dari Kabupaten PPU melakukan audiensi dengan pejabat Pemkab Lombok Barat, Provinsi NTB terkait potensi objek wisata di Mandalika (Humas)

KLIKPENAJAM.COM - Guna menindaklanjuti serta mempercepat realisasi pengelolaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Buluminung, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) gelar audensi sekaligus studi pembangunan KEK ke Mandalika Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Kamis (9/11).

Rombongan dipimpin Kepala Perusda PPU Wahdiyat Algazali, bersama Kepala Bagian Humas Setkab PPU Darmawan, Kepala Bagian Pembangunan, Nico Herlambang, serta Direktur PDAM Taufik.

Mandalika sengaja dipilih karena daerah ini dinilai berhasil mengelola KEK pariwisata, dan menjadi dari sepuluh Bali baru (destinasi wisata) yang ditetapkan pemerintah pusat, dan diresmikan langsung Presiden Joko Widodo.

Selain itu, potensi Mandalika pun dinilai memiliki banyak kesamaan dengan apa yang dimiliki Kabupaten PPU. Dimana Kawasan Industri Buluminung (KIB), akan ditata sedemikian rupa. Sehingga tidak hanya menjadi kawasan industri, namun juga kawasan pariwisata. Persis upaya yang telah dibangun Mandalika.

“KIB dicanangkan bersinergi dengan Kawasan lndustri Kariangau (KIK) Balikpapan, yang secara regional ditetapkan sebagai KEK. Untuk mewujudkan itulah kami melakukan audiensi dan pembelajaran ke KEK Mandalika ini,” kata Kepala Bagian Humas Setkab PPU, Darmawan.

Ia mengatakan, KIB seluas 5.600 Ha memiliki berbagai potensi wisata yang sangat menarik untuk dikembangkan, Salah satunya destinasi hutan manggrove dan terumbu karang laut yang masih terjaga.

“Jika dikelola dengan baik, akan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Baik lokal, nasional, maupun mancanegara. Sehingga menarik minat untuk berkunjung ke PPU,” lanjutnya.

Menurutnya, Mandalika seluas 1.250 ha, menawarkan keindahan alam serta panorama pantai yang begitu eksotik. KEK Mandalika dikembangkan PT Indonesia Tourism Development Corporation (PT ITDC), perusahaan BUMN yang bergerak pada sektor pariwisata, yang ditargetkan menerima kunjungan wisatawan asing 20 juta orang tahun 2019 mendatang.

Selain pantai yang sangat panjang dengan pasir yang lembut. Pesona lain kawasan Mandalika berupa perbukitan hijau dan bergelombang. Di kiri dan kanan kawasan ini memiliki padang rumput yang sangat indah, dinikmati melalui ketinggian. Pengunjung pun bisa menikmati permadani hijau yang memukau, sekaligus juga pantai di bawahnya.

“Begitujuga PPU, memiliki berbagai potensi dan pesona alam yang sangat menarik jika dikembangkan sebagai objek wisata melalui Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ini," pungkasnya. (*)




Comments

comments


Komentar: 0