20 Januari 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Anggaran Termin Pertama Cair, Panwaslu Terima Dua Miliar dari Pemkab PPU


Anggaran Termin Pertama Cair, Panwaslu Terima Dua Miliar dari Pemkab PPU
Komisioner Divisi Penindakan Hukum Panwaslu PPU, Edwin Irawan (Foto: Fadli)

KLIKPENAJAM.COM - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akhirnya menerima anggaran penyelenggaraan Pemilukada dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk termin pertama.

"Alhamdulillah anggaran Panwas akhirnya dicairkan, walau belum diberikan sepenuhnya. Secara aturan ada dua termin, untuk termin pertama tahun 2017, dan kedua tahun 2018. Karena tahun 2017 ada keterlambatan, anggaran termin pertama baru masuk ke kas Panwas pada 2 Januari 2017 kemarin,” ujar Komisioner Divisi Penindakan Hukum Panwaslu PPU, Edwin Irawan.

Dikatakan Edwin, pada termin pertama ini Panwaslu menerima anggaran dari Pemkab PPU sebesar Rp2 Miliar, dari total Rp9,8 Miliar.

"Namun begitu saya kurang tahu apa nantinya ada perubahan atau tidak, yang jelas dari awal NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) itu Rp9,8 miliar. Kalau nantinya tetap seperti itu, berarti masih tersisa sekitar Rp7 miliar lebih untuk termin kedua," terangnya.

Pihaknya lanjut Edwin, sangat membutuhkan anggaran tersebut, utamanya untuk pembayaran biaya sewa mulai dari mobil, mebeler, dan kelengkapan kantor lainnya.

Begitupun untuk honor atau gaji, sejatinya juga sangat dibutuhkan. Dan kemungkinan masuk pada sisa anggaran yang belum diberikan Pemkab kepada Panwaslu PPU, pada termin kedua nantinya.

“Kami harap bulan Maret 2018 nanti sudah ada lagi pencairan sisa atau kekurangan dana yang belum diberikan ke Panwaslu oleh Pemerintah," ungkap Edwin.

Terkait honor, sejauh ini tetap dibayarkan melalui anggaran yang dialokasikan APBN. Akan tetapi saat dari daerah sudah cair, otomatis honor langsung masuk dalam item alokasi anggaran APBD. Seperti halnya honor Pokja yang memang tak termaktub dalam APBN.

"Yang kami takutkan apabila sudah berjalan nantinya honor terlambat, kalau sudah begitu, pasti kinerja teman-teman di lapangan ikut terhambat pula," pungkasnya. (*)

Reporter : Rahmad Fadli    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0