19 Juni 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Ini Lokasi yang Diduga Tambang Ilegal Baru di Samarinda


Ini Lokasi yang Diduga Tambang Ilegal Baru di Samarinda
Istimewa

KLIKPENAJAM.COM - Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Samarinda Zairin Zain melalukan kunjungan lapangan ke RT 03, Kelurahan Lempake di kecamatan Samarinda Utara, Rabu pagi 21 Februari 2018.

Di sana, di sekitar Tempat Pemakaman Muslim Kelurahan Lempake, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim justru mendapati kenyataan yang mengecewakan.

Zairin menemukan adanya aktivitas penambangan batubara ilegal yang menggali pemakaman. Menurut Zairin, aktivitas itu merupakan bentuk ketidakbermoralan para penambang batubara di sana. Padahal, area pekuburan tersebut telah berpagar sebagai tanda batas.

"Kita lihat sendiri, moralitas orang yang menambang ini tidak ada lagi. Kuburan itu sudah ada pagarnya. Tapi tetap digali," ujar Zairin geram.

Zairin akan segera berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menindaklanjuti temuannya itu. Pun, pihaknya akan segera berkoordinasi bersama Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kaltim untuk menindaklanjuti persoalan tersebut.

"Kita akan koordinasikan dengan Provinsi karena ini sekarang kewenangan ada di sana. Nanti kita minta agar yang melakukan penggalian untuk mengembalikan kuburan seperti semula," tandasnya.

Kepada Zairin, warga setempat meminta pagar dan makam yang dibongkar akibat operasional tambang batubara itu segera dikembalikan seperti semula. (*)

Reporter : Afwan Zaid    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0