20 Juli 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

KPU PPU Akan Tetap Gunakan Kotak dan Bilik Suara Lama


KPU PPU Akan Tetap Gunakan Kotak dan Bilik Suara Lama
Desain kotak suara transparan yang disiapkan KPU Pusat (ist)

KLIKPENAJAM.COM - Komisioner Divisi Logistik dan Keuangan, Komisi Pemulihan Umum (KPU) Penajam Paser Utara (PPU) Suhermansyah, mengungkapkan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, pihaknya masih menggunakan kotak dan bilik suara berbahan alumunium.

“Sampai saat ini belum ada petunjuk atau kepastian KPU Pusat, untuk penggunaan kotak dan bilik suara berbahan kardus yang transparan dan kedap air untuk Pilkada mendatang,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, bilik dan kotak suara berbahan alumunium diadakan melalui angaran APBN 2003, dan digunakan pertama kali saat Pilkada 2004 lalu. Kini semuanya masih tersimpan baik untuk digunakan pada Pilkada Serentak 2018.

"Setiap hari dilakukan pengawasan oleh petugas, sehingga kotak dan bilik suara tidak bergerak dari tempat penyimpanan," tandasnya.

Diketahui, KPU Pusat menyepakati penggunaan kotak dan bilik suara dengan desain baru, yakni berbahan kardus dengan transparan serta kedap air. Namun penggantian kedua logistik tersebut masih dalam rencana.

Dari data KPU PPU, jumlah kotak suara sebanyak 1.511 unit dengan bilik suara 1.620 unit. Semua akan disebar pada 340 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Setiap TPS akan diberi dua kotak suara dan empat bilik suara, untuk pelaksanaan pencoblosan Pilkada Kabupaten PPU dan Pilgub Kaltim," pungkasnya. (*)

Reporter : Rahmad Fadli    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0