27 Mei 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Pembangunan Jembatan Tol Teluk Balikpapan Resmi Launching


Pembangunan Jembatan Tol Teluk Balikpapan Resmi Launching
Launching pembangunan jembatan tol Teluk Balikpapan (Foto: Fadli)

KLIKPENAJAM.COM - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak, didampingi Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar, launching pembangunan jembatan tol Teluk Balikpapan, Minggu pagi, 13 Mei 2018.

Leunching turut dihadiri perwakilan PT Waskita Karya, jajaran Pertamina, serta perwakilan Kementerian PUPR.

Sebelum launching, berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan. Diantaranya jalan santai, sepeda santai, sepeda adventure dan maraton sejauh 10 Kilometer.

Sejak pagi, ribuan masyarakat PPU, Balikpapan, dan Paser, hadir memadati pelataran Kantor Bupati PPU, untuk ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Bupati Yusran Aspar mengungkapkan, launching pembangunan jembatan tol teluk Balikpapan akhirnya dapat terlaksana dan secara resmi dimulai. Apalagi semua persyaratan yang dibutuhkan untuk pembangunan telah terpenuhi, termasuk realisasi PT Precast di Kawasan Industri Buluminung (KIB), dengan tugas pembuatan tiang pancang jembatan.

"Pembangunan jembatan tol sudah dimulai. Salah satu bukti itu melalui pembangunan Precast, sebagai perusahaan tiang pancang jembatan yang kini hampir selesai. Makanya ini sudah dapat dikatakan groundbreaking,” kata Yusran Aspar.

Kesiapan lainnya kata Yusran Aspar, termasuk titik pendaratan jembatan yang akan terhubung dengan coastal road Nipah-nipah menuju jalan provinsi Kilometer 09.

“Pada pembangunan jembatan tol ini, PPU menjadi daerah paling siap dengan berbagai persyaratan yang ada,” ujarnya.

Terkait sumber dana pembangunan, Yusran menjelaskan jika pembangunan jembatan tol layak secara teknis, ekonomi, dan finansial. Makanya PT Waskita Karya sebagai pemrakarsa, mengambil peranan 60 persen biaya pembangunan.

“Waskita paham pembangunan ini sangat layak baik secara teknis, ekonomi maupun finansial. Artinya jika dikerjakan pasti akan untung, makanya Waskita berani memegang 60 persen saham pembangunan, dan Pemprov Kaltim 20 persen. Ditambah PPU 15 persen, serta Balikpapan 5 persen,” terang Yusran Aspar.

Sementara Gubernur Awang Faroek mengatakan, pembangunan jembatan tol saat ini tidak terlepas dari peran penting Bupati Yusran Aspar, selama menjabat di Kabupaten PPU.

Dirinya menyebut berbagai kemajuan di PPU hingga kini sangat luar biasa. Dari ide dan gagasan cemerlang Yusran bagi daerah.

“Salah satu contoh dapat dilihat di KIB telah berdiri perusahaan Pulp And Peper yang membutuhkan ribuan tenaga kerja. Disana juga ada Precast, pabrik tiang pancang jembatan dan sebagainya. Kami sampaikan terimakasih kepada bapak Yusran Aspar,” tutur Awang

Pada kesempatan itu, Kementerian PU melalui Kepala Balai Jalan Nasional XII, Rafli MT, mengatakan pihaknya telah memberi persetujuan PT Tol Teluk Balikpapan, untuk pembangunan tol ini.

Namun begitu berbagai catatan harus dipenuhi terlebih dulu, utamanya kriteria dari desain yang ada. Perbaikan tersebut nantinya juga akan melalui review, sebagai persyaratan teknis optimalisasi desain, agar kelayakan segera terpenuhi.

“Kita harap proses ini bisa berjalan cepat dan baik, supaya pembangunan bisa dilaksanakan segera, " ungkapnya.

Untuk itu, Direktorat Jenderal Bina Marga akan menangani persoalan teknis pembangunan jembatan tol, agar tidak menjadi masalah.

Lanjut dia, Menteri PU pun mengatakan proyek teluk Balikpapan belum masuk proyek strategis nasional, sehingga pembahasan lahan masih mengacu pada Undang-undang Nomor 22 Tahun 2012. Untuk segera dibebaskan PT Tol Teluk Balikpapan.

“Kita harapkan semua proses berjalan baik. Dan mengharap dukungan penuh masyarakat Kaltim. Khususnya PPU dan Balikpapan,” pungkasnya.(*)

*Sepeda santai meriahkan launching pembangunan jembatan tol Teluk Balikpapan

Reporter : Rahmad Fadli    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0