23 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Disdukcapil PPU Tak Lagi Terbitkan Suket Perekaman KTP-el


Disdukcapil PPU Tak Lagi Terbitkan Suket Perekaman KTP-el
Kepala Disdukcapil PPU Suyanto (Foto: Fadli)

KLIKPENAJAM.COM - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) tidak lagi mencetakkan atau menerbitkan Surat Keterangan (Suket) bagi warga yang mengurus Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

Diungkapkan Kepala Disdukcapil PPU Suyanto, hal tersebut mulai dilakukan terhitung Mei 2018, untuk mencegah penyalahgunaan Suket pada Pilkada 2018.

“Untuk mengantisipasi penyalahgunaan Suket saat Pilkada, maka sejak 7 Mei 2018 kami sudah tidak mengeluarkan lagi,” ucapnya.

Diketahui, pada peraturan KPU diwajibkan seluruh masyarakat membawa atau menunjukkan Suket atau e-KTP ke petugas pemungutan suara, sebagai syarat untuk menyalurkan hak suara pada Pilkada.

"Harapannya agar warga tidak lagi menggunakan Suket, karena ini juga menjadi salah satu upaya dalam mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Disdukcapil PPU mencatat, telah mengeluarkan ribuan Suket kepada masyarakat, karena beberapa waktu lalu mengalami gangguan penerbitan kartu tanda penduduk elektronik (Ktp-el)

“Sudah ada ribuan Suket yang beredar di masyarakat, itu karena kami mengalami gangguan pada sistem. Berhubung akan ada Pilkada pada 27 Juni 2018 mendatang jadi kita hentikan dulu Suket ini,” ungkapnya.

Ditambahkannya, bagi penduduk yang telah melakukan perekaman e-KTP dapat langsung mengambil kartu tanda pengambilan yang akan diberikan Disdukcapil jika tidak bersedia menunggu, karena pencetakan membutuhkan waktu yang cukup lama.

"Jika masyarakat ingin menunggu, perekaman pagi sorenya sudah jadi. Karena masyarakat ada yang mengalami kesibukan, jadi kami berikan surat tanda pengambilan saja,” pungkasnya. (KOMINFO)

Reporter : Rahmad Fadli    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0