19 Juni 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Apel Tiga Pilar Kamtibmas, Warga Diimbau Jaga Situasi Kondusif Jelang Pilkada


Apel Tiga Pilar Kamtibmas, Warga Diimbau Jaga Situasi Kondusif Jelang Pilkada
Apel Tiga Pilar Kabupaten PPU (Foto: Fadli)

KLIKPENAJAM.COM - Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar, pimpin Apel Tiga Pilar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Mapolres PPU. Apel diikuti ratusan personel gabungan TNI, Polri, ASN, dan Kepala Desa se- Kabupaten PPU. Senin (4/6) pagi.

Diungkapkan Bupati Yusran, apel tiga pilar Kamtibmas ini sangat penting, sebab merupakan salah satu komitmen Pemerintah khususnya di Kabupaten PPU dan aparat, dalam rangka mewujudkan sinergi menjaga situasi kamtibmas yang kondusif. Terutama jelang Pilkada Serentak 2018.

Masalah keamanan dan ketertiban di daerah kata dia, secara umum bukanlah semata-mata tugas aparat. Tetapi juga menjadi tugas semua komponen masyarakat daerah, sesuai kemampuan dan proporsi masing-masing.

“Oleh karena itu, tidak berlebihan jika kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Kapolres PPU beserta jajarannya, yang telah menyelenggarakan apel tiga pilar kamtibmas ini," ujar Yusran.

Keberadaan tiga pilar kamtibmas lanjut dia, diharapkan mampu melakukan kerja secara professional. Terutama mendeteksi berbagai bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang datang. Baik dari dalam maupun luar, sehingga permasalahan yang berkembang dapat diantisipasi sebaik mungkin.

Bupati Yusran juga mengimbau warga untuk senantiasa merapatkan barisan, dan menyatukan langkah dalam mencegah serta mengatasi gangguan keamanan yang terjadi.

Masyarakat juga diminta selalu waspada dengan adanya berbagai macam gangguan, yang setiap saat bisa saja terjadi.

“Kalau boleh pinjam istilah, bahwa kejahatan bukan semata- mata karena ada niat pelaku, tetapi juga karena ada kesempatan. Maka dari itu agar kita waspada,” kata Yusran.

Sementara Komandan Kodim 0913 Letkol Imam Subagyo, pun mengatakan apel tiga pilar dilaksanakan dalam rangka meningkatkan sinergitas pelaksanaan Pilkada tahun 2018, khususnya di Kabupaten PPU.

Ia menegaskan beberapa penekanan pada peserta apel, antara lain dalam rangka pilkada serentak 2018 di kabupaten PPU dibutuhkan sinergitas, solidaritas, dan peran seluruh pihak dalam rangka mewujudkan keamanan. Serta potensi gangguan keamanan yang terjadi.

Kata dia, kamtibmas di Indonesia merupakan salah satu langkah untuk menegakkan dan menjaga kedaulatan NKRI.

Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat agar waspada dan mampu menyikapi dengan cerdas dan bijak, terhadap isu-isu yang terjadi di media sosial saat ini.

“ Kami berharap ada jalinan komunikasi yang baik, sehingga permasalahan yang ada dapat diatasi secara cepat, tepat, dan terselesaikan,” papar Imam.

Senada, Kapolres PPU AKBP Sabil Umar menyebut pihaknya siap mengawal pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di kabupaten PPU. Beberapa potensi kerawanan terang dia, memerlukan perhatian serius dari semua kalangan, khususnya aparat keamanan.

Potensi kerawanan tersebut harus mampu diantisipasi sejak dini agar tidak berkembang menjadi ganguan nyata yang dapat mengganggu dan menghambat penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018.

Begitu pula dalam menyikapi berbagai potensi kerawanan akhir-akhir ini, yang menimbulkan keprihatinan bersama seperti aksi terorisme di berbagai wilayah Indonesia, hendaknya menjadi pelajaran berharga bagi masyarakat, agar selalu waspada dalam setiap kesempatan.

"Kejadian semacam itu haruslah menjadi perhatian bersama sehingga tercipta ketentraman dan masyarakat kian merasa nyaman," tuturnya.

Maka dari itu, peran tiga pilar kamtibmas, diharap saling bersinergi dalam mendeteksi dini gangguan kamtibmas, terutama bahaya radikalisme dan aksi terorisme di daerah masing-masing.

“Kami mengharapkan apel tiga pilar ini sebagai pemersatu tekad kita, dalam rangka mencegah gangguan kamtibmas yang terjadi di Kabupaten PPU,” pungkasnya.(*)

Reporter : Rahmad Fadli    Editor : Shanika Adella



Comments

comments


Komentar: 0