26 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Dorong Kemandirian Desa, Diskominfo PPU Bekali Pelatihan Pembuatan Website


Dorong Kemandirian Desa, Diskominfo PPU Bekali Pelatihan Pembuatan Website
Kepala Diskominfo PPU Budi Santoso saat pembukaan pelatihan pembuatan website bagi Kepala Desa/Lurah dan Camat serta OPD se Kabupaten PPU (Foto: Humas Pemkab PPU)

KLIKPENAJAM.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Komunikasi dan Informasi.

Hal ini sesuai dorongan Pemerintah pusat, agar setiap Pemerintah Daerah menggunakan sistem informasi berbasis elektronik (e-goverment) dalam rangka mewujudkan smart city. Disamping juga mendorong pemanfaatan perkembangan teknologi oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi. Kegiatan berlangsung di ruang pertemuan lantai 3 Kantor Bupati PPU. Selasa, 24 Juli 2018.

Kegiatan Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Website ini dihadiri seluruh Camat, Kepala Desa, Lurah dan OPD Pemkab PPU. Dibuka Wakil Bupati Mustaqim MZ, dihadiri Kepala Diskominfo Budi Santoso dan Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Imam. Dengan narasumber PT Pasifiktel Indotama (Paktel) Adi Bagus dan Kepala Biro beritapenajam Sayid Hasan.

Diharap Mustaqim MZ, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi seluruh jajaran terutama perangkat desa/kelurahan, dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

"Oleh karena itu, apapun yang kita lakukan ini itu adalah usaha untuk bagaimana agar dapat memaksimalkan pelayanan yang secepat mungkin, semudah mungkin dan semurah mungkin," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Diskominfo PPU Budi Santoso mengatakan kegiatan ini mampu mendorong peningkatan perekonomian baik secara individu di masyarakat desa, maupun kemandirian desa secara umum.

Ia juga mengatakan beberapa tahun lalu pihaknya telah melakukan kegiatan serupa, namun tidak dapat di lakukan secara berkelanjutan. Dikarenakan pihaknya melakukan kegiatan tersebut dengan pihak ketiga, sehingga pada saat kerjasama usai, tidak bisa langsung ditindaklanjuti.

"Inilah kelemahan kerjasama tersebut, ketika putus dengan pihak ketiga kita tidak mampu menyerap ilmu yang diberikan. Saat ini pemanfaatan teknologi informasi sudah sedemikian pesat, dan tidak ada kata terlambat untuk belajar. Pelatihan pembuatan website ini akan sangat bermanfaat, dan saya ingin mewujudkan sebuah kemandirian melalui pelatihan pembuatan website ini, agar penguasaan teknologi ada pada kita semua," ujarnya.

Budi berharap dengan kegiatan pembinaan seperti ini para peserta yang hadir dapat membuat website dan konten yang telah diberikan. Sehingga bisa mempromosikan berbagai produk unggulan yang dimiliki setiap desa/kelurahan.

“Salah satu contoh di suatu Desa yang belum memiliki website namun memiliki produk unggulan. Produk mereka dijual di kota dengan harga yang jauh lebih mahal. Namun setelah di buat website dan produk tersebut dipasarkan melalui website, tentu tidak ada lagi kesenjangan harga," terangnya.

"Setiap orang yang mau membeli produk bisa langsung melalui web. Jadi saya berharap melalui pelatihan ini setiap peserta dapat menguasai pembuatan website sehingga tidak perlu bergantung dengan pihak lain dalam pembuatan maupun pengelolaannya,” pungkas Budi.(*)

* Wakil Bupati Mustaqim MZ buka kegiatan pelatihan pembuatan website bagi Kades/Lurah dan Camat di PPU (Foto: Humas Pemkab PPU)

Reporter : Rahmad Fadli    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0