26 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Dinas Pertanian PPU Gencarkan Program Inseminasi Buatan


Dinas Pertanian PPU Gencarkan Program Inseminasi Buatan
Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian PPU Arief Murdiyatno (Foto: Fadli)

KLIKPENAJAM.COM - Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) gencarkan program Inseminasi Buatan (IB), sebagai upaya percepatan peningkatan populasi sapi. Hal ini didasari PPU mendapat jatah 1.200 ekor sapi betina untuk program tersebut.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Arief Murdiyatno, mengatakan program ini merupakan bagian target nasional melalui Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab).

Dijelaskannya, dalam setahun pihaknya ditargetkan menyelesaikan IB sesuai jatah yang diberikan. Namun Dinas Pertanian PPU mampu menuntaskan dengan keseluruhan pada Juli 2018 lalu.

"Jatah 1.200 ekor dan itu telah selesai pada Juli 2018 lalu, bisa saja lima bulan kedepan akan melampaui target yang telah di berikan pemerintah pusat," jelasnya.

Arief juga mengatakan pihaknya telah menuntaskan inseminasi sesuai target 1.200 ekor sapi, dan sekitar ratusan sapi betina ditarget mengalami kebuntingan.

"Ditargetkan pada 2019 mendatang sekitar 700 - 800 lebih ekor sapi betina yang melahirkan melalui program Upsus Siwab tersebut, untuk kebuntingan sapi selama sembilan bulan," ujarnya.

Ditambahkannya, walaupun instansinya telah menyelesaikan inseminasi sesuai yang ditargetkan, pihaknya tetap menjalankan program tersebut demi mendapatkan hasil yang lebih.

"Target yang diberikan pemerintah pusat telah kami tuntaskan, tetapi kita tetap terus bergerak walaupun sudah tuntas 100 persen. Jadi kami tinggal melakukan pemeriksaan kebuntingan dan kelahiran," pungkasnya.(*)

Reporter : Rahmad Fadli    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0