26 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kodim 0913 PPU Gelar TFG Penanganan Karhutla


Kodim 0913 PPU Gelar TFG Penanganan Karhutla
Simulasi Tactical Floor Game (TFG) Kodim 0913 PPU dalam rangka penanganan Karhutla (Foto: Fadli)

KLIKPENAJAM.COM - Komando Distrik Militer (Kodim) 0913/Penajam Paser Utara (PPU) melaksanakan Tactical Floor Game (TFG), dalam rangka menanggulangi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Kegiatan tersebut berlangsung di ruangan Kodim PPU, Jum'at (31/08).

Kegiatan tersebut dihadiri Penjabat (Pj) Bupati PPU Bere Ali, Dandim 0913/PPU Letkol Inf Mahmud, Staf Kodam VII Kolonel Inf Eben Tobing, Korem 091/ASN Kolonel Inf Hendri Wijaya, Kapolres AKBP Sabil Umar, Kabagops Polres PPU Kompol I Nyoman Sutedja, Kabid BPBD Nurlaila, serta personil Kodim, Polres PPU, Satpol PP dan BPBD PPU.

Dandim 0913/PPU Letkol Inf Mahmud mengatakan, dalam pelaksanaan simulasi penanggulangan bencana Karhutla dengan cara TFG mensimulasikan adanya Karhutla di masing-masing Kecamatan, melibatkan unsur Pemerintahan bersama Kodim dan Polres PPU.

"Jadi yang kami simulasikan ini merupakan latihan puncak dari latihan posko. Dimana Dandim simulasikan bagaimana menanggulangi bencana Karhutla dengan mensinkronisasi seluruh unsur yang ada. Baik pemerintah, internal TNI, maupun Polri. Kita bekerjasama dalam penanganan bencana tersebut," ujarnya

Mahmud juga mengatakan, dalam penanggulangan bencana Karhutla harus ada sinergi bersama agar tidak terjadi miskomunikasi. Karena menurutnya, kendala yang terjadi di lapangan bisa berupa kurang koordinasi, sehingga menanggulangi bencana itu kurang maksimal.

"Kendala di lapangan yang dihadapi itu sebenarnya adalah koordinasi, karena itu hanya gampang diucapkan tetapi tidak dalam pelaksanaannya. Maka dilatih seperti inilah agar paham dan mengerti tugas dan tanggungjawab masing-masing, sehingga kordinasi itu bisa berjalan lancar," jelasnya.

Ditambahkannya, apabila dalam menangani suatu bencana dan terkoordinir dengan baik, maka dalam pelaksanaannya akan baik, serta tidak ada hambatan dalam menangani suatu bencana.

"Jika tidak terkoordinir dengan baik, apabila ada suatu bencana yang bergerak hanya masing-masing. Padahal itu bisa maksimal apabila terkoordinir dengan baik," pungkasnya.(*)

Simulasi Tactical Floor Game (TFG) Kodim 0913 PPU dalam rangka penanganan Karhutla (Foto: Fadli)

Reporter : Rahmad Fadli    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0