18 Oktober 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Bersebelahan Dengan Kabupaten Lain, Empat Batas Desa Masih Terkendala


Bersebelahan Dengan Kabupaten Lain, Empat Batas Desa Masih Terkendala
Batas Wilayah PPU dan Kabupaten Paser

KLIKPENAJAM.COM - Salah satu kendala yang saat ini masih dihadapi Bagian Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dalam upaya penetapan batas desa, yakni adanya sejumlah wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Paser.

Hal ini kemudian mengharuskan Pemkab PPU untuk menyelesaikan terlebih dahulu penetapan wilayah dengan Kabupaten Paser, untuk selanjutnya dapat dilakukan penetapan batas desa disekitarnya.

Menurut Kepala Sub Bagian Penataan Wilayah dan Perbatasan Bagian Pemerintahan Sekretariat Kabupaten PPU, Suyatno. Saat ini masih ada empat desa di Kecamatan Babulu yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Paser. Diantaranya Gunung Makmur, Rintik, Babulu Darat, dan Labangka.

Kondisi ini berpengaruh pada upaya penetapan batas desa yang saat ini tengah dilakukan Bagian Pemerintahan Setkab PPU. Sehingga diprediksi empat wilayah tersebut tak dapat selesai 100 persen pada tahun 2016.

"Untuk empat desa itu kami prediksi tak bisa selesai 100 persen. Karena berbatasan langsung dengan Kabupaten Paser," ungkapnya.

Namun begitu, Pemkab PPU terangnya akan berupaya maksimal untuk menyelesaikan secara keseluruhan batas wilayah yang ada. Termasuk dengan Kabupaten Paser.

Sebelumnya, permasalahan tapal batas wilayah 54 desa di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang masih belum ada kepastian, dipastikan Pemkab PPU akan segera diselesaikan.

Penetapan batas desa dilakukan secara bertahap pada tiap Kecamatan, seperti saat ini tengah berjalan di Kecamatan Babulu yang masih menyisakan tujuh perbatasan, dari total 12 batas desa. (*)

Reporter : Fanny Arya    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0