20 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Masih Ada 42 Bidang Tanah Milik Pemkab Belum Terinventarisir


Masih Ada 42 Bidang Tanah Milik Pemkab Belum Terinventarisir
Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten PPU, Haeran Yusni.

KLIKPENAJAM.COM - Dari total 83 bidang tanah yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), baru 42 bidang yang telah terinventarisasi dengan baik dalam aplikasi jaringan.

Hal tersebut dikarenakan sisa aset tanah yang tersebar diberbagai wilayah, belum memiliki nilai dan harga untuk dilaporkan dalam kepemilikan aset. Sebab, pelaporan total kepemilikan diharuskan menyertai nilai dan harga dari tiap aset tersebut. 

Beberapa aset tanah yang masih bermasalah berada pada lahan hasil hibah masyarakat, yang kini dimanfaatkan sebagai lahan puskesmas serta sekolah.

Dijelaskan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten PPU, Haeran Yusni, hal ini kemudian menjadi kendala pihaknya, dalam mengintentarisir jumlah lahan yang dimiliki Pemerintah. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengharuskan ada nilai dan harga dari tiap lahan tersebut, untuk kemudian dapat diajukan sebagai laporan kepemilikan.

"Itu yang masih menjadi kendala bagi kami, karena banyak lahan hibah masyarakat namun tidak tercatat dengan rapi dan terinci sejak awal pemekaran wilayah dari Kabupaten Paser," ungkapnya.

Meski begitu, pihaknya kata Haeran akan tetap berupaya untuk menyelesaikan permasalahan ini. Sehingga inventarisasi aset bergerak dan tidak bergerak dapat terkontrol dengan baik kedepannya.

"Kami tetap upayakan pembenahan lahan bisa terinventarisasi dengan baik, dan memudahkan kita untuk menjaga aset ini," tambah Haeran.(*)

Reporter : Fanny Arya    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0