20 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Maksimalkan Sektor Pariwisata Daerah, Ini Pesan DPRD Kaltim


Maksimalkan Sektor Pariwisata Daerah, Ini Pesan DPRD Kaltim
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Yahya Anja (Foto : Humas DPRD Kaltim)

KLIKPENAJAM.COM - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Yahya Anja memberikan dukungan atas upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) dalam rangka penambahan dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan cara memaksimalkan sektor pariwisata.

Diakuinya Kaltim memiliki potensi luar biasa untuk pengembangan sektor pariwisata. Usulan satu buah Raperda tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Provinsi Kalimantan Timur 2016-2026 oleh Pemprov Kaltim merupakan sebuah usulan peraturan baik dalam memaksilkan potensi sektor pariwisata di Kaltim.

“Harapannya, Pemprov Kaltim dapat bersungguh-sungguh memberikan yang terbaik untuk meningkatkan pendapatan PAD melalui sektor pariwisata ini. Seperti potensi pariwisata yang terdapat di Kabupaten Berau, Pulau Derawan, Pulau Maratua dan potensi keindahan lainnya, perlu mendapat perhatian serius pemerintah,” kata Yahya.

Politikus Partai Demokrat ini mengatakan pemerintah memiliki peran penting dalam pengembangan sektor pariwisata. Adapun dalam pengembangannya, pemerintah harus melibatkan pihak swasta dalam kegiatan investasi.

Melalui kegiatan investasi pada sektor pendukung industri pariwisata, diharapkan akan mampu mempercepat pertumbuhan jumlah wisatawan ke Indonesia.

Lebih lanjut, fokus pemerintah untuk membagi pariwisata ke dalam beberapa sektor, yakni wisata perkotaan dan wisata belanja, wisata ekowisata, wisata bahari dan wisata khusus merupakan langkah baik.

Sebab itu, pengembangan sektor pariwisata tentu membutuhkan skala prioritas dalam pengembangan pariwisata terencana secara menyeluruh. Sehingga memperoleh manfaat yang optimal bagi masyarakat, baik dari segi ekonomi, sosial dan budaya.

“Perencanaan pengembangan sektor pariwisata harus terintegrasi ke dalam suatu program pembangunan ekonomi, fisik dan sosial dari suatu negara. Disamping itu, rencana tersebut harus mampu memberikan kerangka kerja kebijakan pemerintah, untuk mendorong dan mengendalikan pengembangan pariwisata dengan mengedepankan infrastruktur memadai untuk menggali potensi wisata secara maksimal,” urai Yahya. (*)

Reporter : Humas DPRD Kaltim    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0