14 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Menanti Kecamatan Baru di Kota Bontang


Menanti Kecamatan Baru di Kota Bontang
Daerah Pemukiman yang berada di Tanjung Laut. (Foto : Fanny)

KLIKPENAJAM.COM - Perampungan berita acara pemekaran di tingkat kelurahan, menjadi fokus kerja tim teknis bentukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang.

Sebab, hal tersebut merupakan dasar dari tahap lanjutan hingga pembuatan Peraturan Daerah (Perda). Sedang tahun depan, menyusul tahap kajian akademis bersamaan dengan kajian pemekaran kecamatan.

“Sesuai arahan Kabag Pemerintahan (Noorhayati) selaku Sekretaris Tim, tahun ini fokus ke berita acara dulu. Tahun depan baru kajian akademis dan pemekaran kecamatan. Insha allah dilakukan bersamaan,” jelas Arif Supriadi, Kasubag Pembinaan Administrasi Kecamatan dan Kelurahan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bontang, kepada Klikbontang (KlikGroup) Selasa 18 Oktober 2016.

Setelah sebelumnya telah dilakukan upaya sosialisasi terhadap kelurahan di tiga kecamatan yang ada di Kota Bontang. Bermula sejak tanggal 5,6 dan 7 Oktober 2016.

Mantan Lurah Belimbing ini juga mengabarkan, dari enam kelurahan yang menjadi sasaran pemekaran, beberapa di antaranya telah memiliki nama. Yang diambil berdasarkan hasil rapat tingkat kelurahan, melibatkan sejumlah pihak. Mulai dari Ketua RT, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) hingga tokoh masyarakat.

“Tapi nama-nama ini sifatnya belum final. Karena untuk final, kita harus ada Perda dulu,” ujarnya mengingatkan.

Beberapa kelurahan baru yang telah disepakati memiliki nama seperti Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat. Pemekaran kawasan ini sepakat dinamakan Kelurahan Bukit Sintuk.

“Karena kelurahan ini kan pemekarannya kilometer 3, bagian dari Kelurahan Belimbing,” katanya.

Kelurahan lain adalah Gunung Elai. Bagian dari kelurahan ini disepakati bernama kelurahan Bukit Sekatup Damai. Sedang untuk Bontang Lestari, beber Arif, akan terbagi atas 3 kelurahan. Dengan nama masing-masing: Bontang Lestari Induk, Nyerakat Lestari, dan Kelurahan Pesisir Lestari. “Dari enam kelurahan yang dimekarkan, kelurahan Bontang Lestari yang paling banyak dipisah. Karena memang paling luas wilayahnya. Sedang untuk kelurahan lain, saya belum terima laporannya,” tutupnya. (*)

Reporter : Imran Ibnu     Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0